Mengenal lebih jauh kesehatan kulit anda dan bersihkan dengan baik dengan mencuci muka secara teratur merupakan cara untuk mencegah kulit wajah yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan, antara lain jerawat, kulit keabu-abuan dan komedo. Komedo adalah tonjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan umumnya menimbulkan jerawat jika tidak ditangani dengan baik.

Komedo terbentuk oleh pori-pori tersumbat, sel-sel kulit mati dan sebum berlebih. Ada dua jenis komedo, komedo hitam dan komedo putih. Jenis ini bernama whiteheads ketika permukaan komedo ditutupi dengan kulit. Komedo, yang permukaannya tidak tertutup kulit, ke sisi lain, terkena udara dan berubah menjadi coklat atau tertahan. Untuk menentukan perawatan yang tepat, Anda perlu mengetahui perbedaan antara blackhead dan whitehead. Masalah kulit wajah tidak berakhir dengan jerawat, komedo menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang. Komedo tidak hanya mengganggu penampilan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan jerawat.

Hal ini karena komedo dapat menyumbat pori-pori wajah dengan kotoran, sel kulit mati, minyak, dll di pori-pori folikel rambut. Saat komedo terkena bakteri, jerawat mudah tumbuh

Mengenal Perbedaan Komedo Hitam Dan Komedo Putih

Ada dua jenis kain katun, black head dan white head. Tapi apa perbedaan antara keduanya? Dikutip dari healthline, ada penjelasan detailnya di sini.

Komedo hitam dan komedo putih pada dasarnya adalah hal yang sama. Keduanya terbagi sebagai jerawat non-inflamasi, yang berarti mereka tidak terinfeksi. Mereka hanya mencegah pori-pori yang mengandung sel kulit mati dan minyak alami sebum yang harus keluar dari kulit. Perbedaannya adalah penggelapan pori-pori terbuka dan whitehead pori-pori tertutup.

Komedo terjadi ketika komedo terkena udara, dan komedo yang teroksidasi akhirnya berubah menjadi hitam. Whiteheads terjadi ketika sel-sel kulit mati, sebum (minyak), dan kotoran menghalangi pori-pori kulit. Tidak seperti komedo, yang dapat diekstrusi, komedo putih tertutup di pori-pori.

Penyebab Komedi Hitam Putih?

Lihat perbedaan antara komedi hitam dan putih. Solusinya adalah sebagai berikut:
Ada dua jenis kain katun, black head dan white head. Tapi apa perbedaan antara keduanya? (Foto: Unsplash.com/Jc Gellidon).
Itu terjadi dalam kondisi yang sama karena komedo hitam dan komedo putih mengandung zat yang sama (karena udara, hanya warnanya yang berbeda). Orang mengembangkan komedo putih dan komedo hitam ketika hormon menciptakan lebih banyak minyak dan kulit mati daripada yang bisa masuk pori-pori.

Tanpa memandang usia, ketika Anda menemukan pori-pori penuh dengan bakteri dan mulai makan, kepala putih dan hitam menjadi merah dan menjadi jerawat yang meradang. Oleh karena itu, mengenal komedo perlu tertangani dengan segera dan tepat agar tidak meradang atau berubah menjadi jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Dan Komedo Putih

Lihat perbedaan antara komedi hitam dan putih. Solusinya adalah sebagai berikut:
Ada dua jenis kain katun, black head dan white head. Tapi apa perbedaan antara keduanya? (Foto: Unsplash.com/Mathilde Langevin).
Tidak seperti komedo hitam, yang dapat terekstrusi, komedo putih tertutup di pori-pori. Karena itu, ini bisa membuat perawatannya sedikit lebih sulit. Pertimbangkan produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan krim retinoid untuk mengurangi komedo putih. Bersihkan wajah Anda dengan facial wash ringan mild.

Juga, pertimbangkan untuk menggunakan merek kosmetik non-komedogenik dan bebas minyak. Produk ini lebih cocok untuk orang yang rentan terhadap jerawat yang tidak menyumbat pori-porinya. Produk ini mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat seperti whiteheads.

Di sisi lain, produk yang mengandung asam salisilat atau BHA dapat mengangkat sel kulit mati untuk mengurangi komedo. Anda juga dapat menambahkan masker arang atau tanah liat ke rutinitas perawatan kulit Anda untuk menyerap minyak berlebih yang menyebabkan penggelapan.

Baca Juga : Bagaimana Saya Olahraga – Panduan Untuk Tetap Sehat Dirumah